TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Atlet Sambo Provinsi Banten Sabet 2 Emas dan 1 Perunggu pada PON XXI Aceh-Sumut 2024

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 20 September 2024 | 14:29 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Torehan 2 medali emas dan dan 1 perunggu berhasil diraih atlet cabang olahraga (Cabor) Sambo perwakilan Provinsi Banten dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XII 2024 yang dihelat di Aceh - Sumatera Utara (Sumut) lalu. 

Manajer Tim Sambo Provinsi Banten, Heris Cahya Kusuma mengatakan, ketiga medali tersebut berhasil ditorehkan dari sejumlah nomor berbeda. 

Hebatnya lagi, salah satu peraih medali emas adalah atlet asal wilayah termuda se-Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

"2 Medali Emas diraih oleh Ghea Cholifah Santika kelas 47 kilogram Sport Putri dari Kota Tangerang Selatan, dan Febby Tri Santoso kelas 59 kilogram Sport Putri dari Kabupaten Serang. Kemudian 1 Perunggu atas nama Muhammad Dhifa Alfais kelas 79 kilogram Sport Putra dari Kota Serang," papar Heris kepada Tangselpos, Jumat (20/9/2024). 

Heris menceritakan, prestasi ini tidak diraih dengan cara yang mudah. Perjuangan panjang dilalui dan dihadapi oleh para atlet.

Dalam perjuangannya tersebut, para atlet juga dihadapi dengan berbagai lawan yang hebat dan tangguh.

"Karena semua tim mempersiapkan diri masing-masing dengan program latihan dan training center (TC) sampai keluar negeri. Menurut kami lawan terberat adalah Jawa Barat (Jabar), Jakarta, dan tuan rumah Sumut," papar Heris.

Sebelum bertolak ke arena pertandingan, kata Heris, para atlet dibekali dengan persiapan yang matang. Terutama pemberian porsi latihan dan asupan gizi yang baik.  

Tim manajer Sambo Provinsi Banten berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan berusaha memenuhi kebutuhan yang diperlukan selama proses Pelatda.

Hingga akhirnya semua itu dibalas oleh para atlet dengan pembuktian torehan dua medali emas dan satu perunggu. 

"Kami mempersiapkan atlet TC di Karawang (Jabar) dan Salatiga (Jateng) berbarengan dengan tim Sambo Jabar dan Jateng makanan pun kami tunjang dengan gizi yang cukup untuk menopang kerasnya latihan selama TC," jelas Heris. 

Selain itu, Heris melanjutkan, para atlet juga ditempa melalui porsi latihan yang tepat. Dalam latihannya tersebut, para atlet digembleng memiliki teknik hingga mental yang kuat. 

"Mental atlet yang harus disiapkan secara khusus butuh pendekatan dan motivasi, karena teknik sudah memadai. Kita berusaha yang terbaik, keluarkan kemampuan yang maksimal untuk bisa mengharumkan nama Banten Khususnya Tangsel," ungkapnya. 

Usai meraih prestasi ini, Heris menyebut telah mempersiapkan bonus bagi para atlet yang telah mengharumkan nama Banten dalam ajang nasional. 

 Selanjutnya, kata Heris, perjuangan tidak berhenti sampai di sini. Ia terus mempersiapkan para atlet dalam jenjang perhelatan yang akan datang. 

Terdekat, adalah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan dihelat di Tangsel. 

"Persiapan Porprov semoga Tangsel bisa mendulang emas dari Cabor Sambo dan meraih juara umum," tutup Heris yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kota Tangsel ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo