TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Walau Gagal Maju Di Pilkada Jakarta, Ternyata Anies Sudah Bikin Visi-Misi Cagub DKI

Laporan: AY
Jumat, 27 September 2024 | 09:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Anies Baswedan yang gagal mendapatkan tiket maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta, ternyata sudah menyiapkan visi misi sebagai cagub. Kemarin, Anies merilis dokumen dan situs yang membuat visi misi serta program yang disiapkan jika jadi cagub. Dokumen tersebut bisa diakses di situs untukmajujakartatercinta. com. Rilis ini langsung ramai diperbincangkan oleh warganet.

Di akun X miliknya, @aniesbaswedan, Anies menceritakan asal usul pembuatan, dan alasan merilis visi misi tersebut. Ia mengatakan, pembuatan visi-misi itu sudah dilakukan sejak memutuskan akan ikut berlaga di Pilkada Jakarta 2024, usai kalah di Pilpres 2024. Saat itu, ada dua sayap tim yang dibentuk. Satu sayap mengelola segala kegiatan kampanye, satu lagi menggodok kebijakan.

“Sayap kebijakan ini sudah bergerak jauh sebelum kami dipastikan dapat tiket,” ujar Anies, dalam unggahan di akun X, Kamis (26/9/2024).

Adapun tim yang disebut sayap kebijakan ini terdiri dari Dewan Pakar yang diketuai oleh Prof. Djohermansyah Djohan, dan Wakil Ketua Prof. Fasli Djalal, Prof. Didin Damanhuri, dan Kusuma Wijaya. Serta Tim Kebijakan yang bertugas mengompilasi menjadi dokumen, yang dikoordinir oleh Tom Lembong bersama tim anak-anak muda cemerlang.

“Mereka semua bekerja secara intensif dan serius sejak lama,” tuturnya.

Kata Anies, takdir berkata lain. Sesudah ada kepastian tidak ikut kontestasi Pilgub, maka proses penyusunan visi misi pun dicukupkan.

Namun, karena kadung sudah dibuat dan para paslon di Pilkada Jakarta 2024 sudah menyerahkan dokumen visi-misinya ke KPU, Anies juga membagikannya ke publik.

“Kami putuskan ikut merilis situs visi misi yang dulu pernah kami buat. Anggap saja sebagai pertanggungjawaban pada publik dan sebagai referensi tambahan dalam menimbang para paslon yang ada,” pungkas Anies.

Dalam dokumen itu, Anies memperkenalkan Jakarta sebagai tempat mimpi tiap orang menjadi nyata. Dia juga mengatakan, penyusunan misinya itu, berasal dari aspirasi warga Jakarta.

Kabar soal visi misi itu mendapat banyak komentar. Cawagub nomor urut 3 Rano Karno enggan berkomentar banyak soal visi misi yang diluncurkan Anies. Rano mengaku belum membaca visi misi Anies yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Saya belum baca, saya belum baca (visi misi Anies),” kata Rano, seusai berdialog dengan Forum Purna Pejabat Pemprov DKI di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

Pria yang akrab disapa Bang Doel itu, mengaku bakal memberikan tanggapan setelah membacanya. “Nanti ya, setelah saya baca,” ujar mantan Gubernur Banten itu.

Warganet ramai memberikan tanggapan soal visi misi tersebut. Akun @skyawanku mengaku senang setelah membaca dokumen visi misi tersebut. “Saya baca Pak Anies ini sebenernya sangat merangkul ‘wong cilik’ banget,” ungkapnya.

Akun @cokiesz memberikan acungan jempol kepada Anies yang mau merilis visi misi. “Hebat ya, walaupun gak kepakai dan gak disuruh masih tetap mau berbagi visi misi,” ungkapnya.

Akun @ikanmainan memberikan apresiasi. Menurut dia, Anies sudah mempersiapkan banyak hal termasuk dokumen visi misi. Menurut dia, apa yang ditawarkan Anies dalam visi misi banyak yang bagus dan mesti ditiru oleh kandidat lain. “Sad bgt liat beliau gak bisa masuk arena,” ungkapnya.

Senada diungkapkan akun @lenterakrisna. “Walau tidak ikut Pilkada, tetapi idenya hadir ikut meramaikan Pilkada. Silahkan para calon dapat referensi gratis yang bisa dipakai utk menggaet hati pemilih,” ujarnya.

“Kalau ada yang mau nyontek, jangan malu-malu ya,” ucap @rainipark.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo