TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Bertemu Ketum Parpol KIM Plus Di Kemhan, Kabinet Ingin Langsung Gaspol

Laporan: AY
Jumat, 18 Oktober 2024 | 08:36 WIB
Presiden terpilih Prabowo bersama para Ketum Koalisi. Foto : Ist
Presiden terpilih Prabowo bersama para Ketum Koalisi. Foto : Ist

JAKARTA - Di hari ulang tahunnya ke-73, Presiden terpilih, Prabowo Subianto bertemu dengan sejumlah ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (17/10/2024). Dalam pertemuan itu, Prabowo ingin kabinet bentukannya langsung gaspol setelah dilantik.

Momen pertemuan itu, terjadi usai Prabowo memberi pembekalan terhadap calon wakil menteri, di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Bogor. Dari Kota Hujan, Prabowo langsung bergerak menuju Kantor Kemhan.

Prabowo tiba di Kantor Kemhan sekitar pukul 12.46 WIB dengan menumpang mobil dinas berplat nomor 1-00. Tak lama kemudian, sejumlah ketum parpol yang tergabung di KIM Plus, mulai berdatangan. 

Dimulai dari Ketum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh dengan menggunakan mobil Lexus hitam bernomor polisi B 1788 ASC, sekitar pukul 14.13 WIB. 

Saat memasuki kompleks Kemhan, mobilnya langsung melaju ke dalam lobi. Paloh pun jadi yang pertama meninggalkan lokasi sekitar pukul 14.50 WIB tanpa menyampaikan keterangan.

Ketika Paloh meninggalkan lokasi, di saat bersamaan mobil ketum parpol lain satu persatu mulai berdatangan. Diawali Ketum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Menteri Perdagangan (Mendag) tersebut tiba di lokasi pukul 14.44 WIB, menumpang mobil Toyota Alphard hitam bernomor polisi B 1396 ZZR. Pria yang akrab disapa Zulhas itu, sempat menurunkan jendela mobilnya dan melambaikan tangan ke arah awak media.

Berikutnya, giliran Pelaksana Harian (Plh) Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Heryawan, yang datang mengenakan setelan jas berwarna hitam. 

Disusul Ketum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia yang tiba sekitar pukul 14.48 WIB. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut, datang menggunakan mobil Lexus hitam dengan plat nomor RI 33.

Di belakang mobil Bahlil, ada mobil Toyota Alphard hitam yang ditumpangi ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Ketika ditanyakan tujuannya ke Kantor Kemhan, Cak Imin enggan buka suara.

Terakhir yang datang adalah Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu, menumpang jeep Mercy warna hitam dengan nomor plat RI 41.

Pertemuan para ketum parpol KIM Plus dengan Prabowo digelar secara tertutup, sejak pukul 14.30 WIB. Awak media tidak diperkenankan memasuki ruangan.

Berselang satu jam kemudian atau sekitar pukul 16.10 WIB, para ketum parpol terpantau keluar lewat pintu gerbang depan Kantor Kemhan menggunakan mobilnya masing-masing. Sebagian memberi keterangan dari balik kaca jendela mobil.

Salah satunya adalah Ketum Partai Demokrat AHY. Dia mengatakan, para pimpinan parpol KIM Plus sengaja diundang Prabowo untuk diberi arahan menjelang pelantikan presiden pada 20 Oktober mendatang.

"Harapan beliau (Prabowo) setelah pelantikan presiden, kabinet yang baru terbentuk bisa segera bekerja," kata AHY, di Kemhan, Kamis (17/10/2024).

Menurut putra sulung mantan Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, Prabowo ingin agar kabinet yang dibentuknya bisa langsung bersinergi satu sama lain. Karena itu, AHY menyebut para ketum parpol pendukung harus berkoordinasi. 

“Agar sinergitas antar Kementerian/Lembaga yang dibentuk Prabowo bisa gaspol menjalankan visi-misinya. Harapannya ini bisa lebih baik ke depan," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Ketum PAN Zulhas mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut, para ketum parpol koalisi turut mengucapkan selamat kepada Prabowo yang berulang tahun pada hari itu.

"Semua mengucapkan selamat ulang tahun kepada pak presiden terpilih, panjang umur, sehat selalu, ya sukses," katanya.

Zulhas berharap, di momen yang langka ini, para elite politik bisa bersatu demi masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. "Mudah-mudahan kita semua bisa bersatu dan membuat Indonesia menjadi negara maju," ujarnya.

Sementara Plh Presiden PKS, Ahmad Heryawan menyebut, kedatangannya ke Kantor Kemhan untuk silaturahmi sekaligus membahas kerja sama antar parpol. "Pokoknya ke depan bersama-sama membangun bangsa,” katanya.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini juga menepis tudingan pertemuan berlangsung untuk membahas pengaturan kursi menteri. Bagi PKS, pembahasan kabinet sudah rampung. Mereka mengajukan satu nama, yakni akademisi Prof. Yassierli. "Tidak ada, itu sudah selesai,” tegasnya.

Berikutnya, Ketum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia mengungkapkan, topik yang dibahas dalam pertemuannya dengan Prabowo seputar kerja kabinet usai pelantikan Presiden. "Kami dari ketua umum partai koalisi diskusi dengan Pak Prabowo membahas perkembangan ke depan pascapelantikan," ujarnya. 

Saat ditanya apakah pertemuan itu membahas soal rencana gabungnya PDIP, Ia menyebut, tidak ada pembicaraan terkait PDIP dalam pertemuan itu. "Kita bahas negara, bukan bahas partai," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, Surya Paloh tidak mencari posisi dalam kabinet saat bertemu dengan Prabowo. Dia mengatakan, Surya Paloh memiliki cara berpolitik yang tak melulu seputar jabatan, melainkan bagaimana cara berkontribusi terhadap bangsa. 

"Berpolitik itu perspektifnya Pak Surya bukan perspektif cetek. Pak Surya dan Pak Prabowo kan sama-sama alpha. Yang berpikir secara luas," kata Willy, di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Sedangkan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, pertemuan di Kemhan hanya untuk merayakan ulang tahun Prabowo yang ke-73 tahun. 

Ketua MPR ini mengatakan, para ketum parpol tidak membahas urusan kabinet yang telah rampung. Sebab, pertemuan sekadar memanjatkan doa untuk Prabowo agar selalu diberikan umur panjang dan keberkahan. 

"Baca Al Fatihah untuk mendoakan. Pembahasannya itu," kata Muzani, usai menemui SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo