TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Soal Postur KMP, Banteng Berprasangka Baik

Oleh: Farhan
Kamis, 24 Oktober 2024 | 10:41 WIB
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Foto : Ist
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Foto : Ist

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) enggan menyebut kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terlalu gemuk dalam ukuran Pemerintahan.

Penambahan jumlah menteri pada Kabinet Merah Putih (KMP) itu pasti melalui pertimbangan matang. "Kalau kemudian belum apa-apa kita memvonis kabinet Presiden terlalu gemuk, nanti kita akan bias. Belum apa-apa sudah divonis. Beri kesempatan kerja dulu, dan pasti Bapak Presiden pasti juga akan mengevaluasi," kata Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, di Jakarta.

Politisi asal Sumenep ini op­timis, Prabowo akan melakukan evaluasi rutin atas kinerja para menterinya. Dalam hal ini, dia menyarankan, sebaiknya secara berkala. Misalnya, per enam bulan. Sehingga, akan diketahui efektifitas kinerjanya.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR ini juga meyakini, Prabowo telah memperhitungkan secara detail sebelum me­mutuskan menambah jumlah kabinet. Said berharap, para menteri dan wakil menteri bisa langsung bekerja mewujudkan visi-misi Prabowo.

Artinya, presiden sudah memperhitungkan tentang arah kebijakan yang mau dicapai dalam waktu tempo yang sesing­kat-singkatnya, secepatnya-cepatnya, karena Presiden akan ngebut bekerja," katanya.

Intinya, Fraksi PDIP di DPR akan mendukung kabinet Pemerintahan Prabowo dari sisi anggaran. Sebab, terdapat dana cadangan APBN untuk memenuhi kebutuhan kementerian terutama kementerian baru.

"Nah, dari sisi anggaran kami memang mempersiapkan untuk anggaran itu, di dana cadangan yang dibolehkan Undang-Undang APBN, tinggal nanti kami yakin kalau ini berjalan smooth sesuai yang diinginkan Bapak Presiden," paparnya.

Selain itu, Said menegaskan, posisi partainya saat ini adalah mendukung Pemerintahan Prabowo-Gibran tetapi melalui jalur parlemen atau DPR-RI. "Ya, kan clear, yang disampaikan Mbak Puan (Ketua DPP PDIP). Kami mendukung Pemerintah lewat jalur Parlemen, walaupun kami tidak ada kader di kabinet," katanya.

Diketahui, Kabinet Merah Putih berjumlah 48 kementerian, jauh lebih banyak ketimbang kabinet Joko Widodo yang ber­jumlah 34 kementerian. Susunan kabinet Prabowo disebut sebagai kabinet paling gemuk sejak Orde Baru hingga Reformasi.

Dalam susunan kabinet itu, tidak ada kader PDIP meski sebelumnya santer diisukan bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran. Prabowo me­milih Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan. Budi konon merupakan representasi PDIP, tetapi Puan menepis kabar itu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo