TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

RS Premier Bintaro Beri Pemahaman Soal Sakit Pinggang dan Saraf Terjepit

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 11 Mei 2023 | 17:48 WIB
Kegiatan Health Talk yang berlangsung di RS Premier Bintaro, pada Rabu (10/5/2023) kemarin. (Ist)
Kegiatan Health Talk yang berlangsung di RS Premier Bintaro, pada Rabu (10/5/2023) kemarin. (Ist)

BINTARO, Rumah Sakit Premier Bintaro memberi pemahaman dan pengenalan terkait ancaman sakit pinggang dan saraf pada manusia.

Hal tersebut terpaparkan dalam kegiatan Health Talk yang berlangsung di RS Premier Bintaro, pada Rabu (10/5/2023) kemarin.

Manager Marketing RS Premier Bintaro, Drg. Kencana Widya, MARS. menjelaskan kegiatan dengan tema bertajuk "Kenali Nyeri Punggung Bawah dan Saraf Terjepit" bertujuan sebagai sarana informasi kesehatan bagi masyarakat.

"Untuk memberikan informasi kesehatan sesuai dengan tema oleh dokter yang berkompeten di bidangnya kepada para peserta agency asuransi Sinar Mas MSIGLife," jelas Kencana.

Selain itu dalam paparannya, Dokter spesialis Orthopedi dan Traumatologi, dr. Asrafi Rizki Gatam, Sp.OT (K) Spine, menerangkan bahwa sebanyak 80 persen masyarakat pernah mengalami low back pain (LBP) atau nyeri pinggang belakang bawah.

"Adapun penyebab nyeri punggung bawah, yaitu postur tubuh dan posisi bekerja, mengangkat benda berat nyeri umumnya muncul saat mengangkut benda berat dari lantai dengan posisi yang salah, lalu adanya trauma langsung, dan cedera olahraga, gaya hidup, proses penuaan, cedera otot dan ligamen," katanya.

Gejala saraf terjepit punggung bawah, di antaranya dapat diketahui dengan timbulnya rasa nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah.

"Lalu kesemutan dan mati rasa, kelemahan gerakan tungkai, gangguan rangsang BAB dan BAK. Adapun pergerseran tulang belakang disebut dengan istilah spandyialisthesis, dapat terjadi akibat proses penuaan, trauma langsung, cedera olahraga, kelainan bawaan," papar Asrafi.

Jika mengalami gejala tersebut, Ia menyarankan agar segera periksakan diri ke dokter.

"Apabila nyeri sangat hebat atau tidak membaik dengan istirahat maupun obat analgetik ringan, nyeri tidak membaik dalam 1-2 minggu, terdapat riwayat trauma, nyeri dirasakan hingga ke tungkai, nyeri disertai kelemahan anggota gerak, kesemutan mati rasa, dan gangguan BAB dan BAK," tuturnya.

Penyakit ini, kata Asrafi, salah satunya dapat diobati dengan cara dioperasi.

"Operasi tulang belakang era baru, yaitu era minimal invansive spine surgery, cedera jaringan minimal, masa pemulihan yang sangat cepat, tingkat akurasi yang sangat tinggi dalam pemasangan implant di RS Premier Bintaro untuk melakukan operasi tulang belakang era baru ini menggunankan teknologi robot spine sugery (Robin)," terangnya.

Ia menerangkan, nyeri punggung ini dapat diakibatkan berasal dari berbagai sumber. Saraf terjepit dapat merupakan suatu manifestasi dari nyeri pinggang.

"Penanganan bervariasi dari konservatif sampai operatif, tindakan minimal invansif dapat menggantikan tindakan konvensional, prosedur minimal invansif dapat digunakan pada sebagian besar masalah tulang belakang," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo