TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Pemilu, Beredar Video Elite PKB Janjikan BBM Gratis

Syaiful Huda: Bukan Gratis, Tapi Murah Untuk Motor

Laporan: AY
Kamis, 07 September 2023 | 09:23 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pernyataan Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda yang menjanjikan BBM gratis, jika PKB dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi pemenang Pemilu 2024, menuai reaksi.

Ada yang menganggap, pernyataan Syaiful Huda dalam video itu, tidak realistis.

Di video itu, Huda mengenakan kemeja putih dan berpeci, berteriak menyampaikan usulan PKB apabila Muhaimin menang pada Pemilu 2024.

"Kalau Gus Muhaimin dan PKB menang, semua yang punya sepeda motor, BBM yang kita subsidi, gratis, tanpa biaya," ujar Huda.

Dia kemudian memberikan penjelasan terkait janji itu. Menurut Huda, subsidi BBM masih mengalami kebocoran ke korporasi. Dia berharap, kebocoran itu bisa ditutup, agar secara khusus diperuntukkan kepada masyarakat pemilik sepeda motor.

"Kita bayangkan, kebocoran ini bisa ditutup dengan cara ditambahkan segmented untuk, misalnya, para pemilik sepeda motor dan angkutan umum," lanjutnya.

Apakah memang benar-benar gratis? Rakyat Merdeka mengkonfirmasi hal itu kepada Huda. Hasilnya, dia mengklarifikasi pernyataannya itu.

Yang dia maksud, katanya, bukan gratis. Tapi, BBM dengan harga semurah-murahnya. "Di akhir pernyataan, saya revisi, bukan gratis. Tapi, BBM murah bagi pemilik sepeda motor," tandasnya.

Siapa pun yang menyampaikannya, Menurut Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, janji politik mengenai BBM gratis, tidak realistis.

Berikut wawancara dengan Syaiful Huda, mengenai janji politik seperti itu.

Jika PKB menang pada Pemilu 2024, BBM bakal gratis. Apakah itu realistis?

Sebenarnya, bukan BBM gratis. Di akhir pernyataan, saya revisi, bukan gratis. Tapi, BBM murah bagi pemilik sepeda motor.

Ingin memastikan, berarti bukan BBM gratis ya?

Bukan gratis. Tapi, harga serendah-rendahnya bagi pemilik sepeda motor. Jadi, khusus untuk sepeda motor dan angkutan umum saja.

Bagaimana caranya supaya BBM bisa murah?

Subsidi BBM itu ada kebocoran yang dipakai oleh korporasi. Nah, ambil saja yang bocor-bocor itu untuk membiayai subsidi.

Sekarang, APBN kita bocor. Orang yang punya mobil mewah, tidak mau pakai pertamax. Mereka tetap menggunakan pertalite. Jadi, yang menikmati subsidi adalah orang yang memang tidak membutuhkan.

Mengenai harga serendah-ren­dahnya itu, berapa?

Saat ini, harga pertalite Rp 10.000. Kita targetkan bisa turun Rp 2000 hingga Rp 3.000. Jika turun 2.000, akan berpengaruh terhadap masyara­kat kecil.

Apa pengaruhnya?

Kalau harga BBM turun Rp 2.000 saja, harga-harga kebutuhan pokok ju­ga akan mengalami penurunan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo