TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual

Misteri Air Zamzam

Oleh: Nasaruddin Umar
Jumat, 22 Juli 2022 | 08:28 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar

BINTARO - Air Zamzam mengandung banyak misteri. Bukan hanya asal-usul munculnya, tetapi kandungannya menarik perha­tian para ilmuan. Hampir setiap jamaah haji mempunyai pengalaman-pengalaman aneh di Tanah Suci, termasuk dengan pengalaman dengan air Zamzam. Ada yang sunguh-sungguh kejadian, dan ada pula yang didramatisir sedemikian rupa hingga kedengarannya aneh.

Pengalaman seperti ini ternyata bukan hanya cerita-cerita jamaah haji Indonesia, tetapi juga jamaah-jamaah haji lain, seperti Turki, Iran, Sudan, Mesir, Pakistan, dan jamaah haji dari Eropa, AS, dan Amerika Latin.

Penulis juga pernah menyaksikan true story, salah seorang jamaah penulis ketika masih bertugas di Washington DC sebagai Visiting Professor, nekat untuk menunaikan ibadah haji. Laki-laki setengah baya ini sudah 10 tahun menderita gangguan darah sehingga selama itu juga harus cuci darah dua kali seminggu.

Ia meminta izin kepada dokter pribadinya untuk menun­aikan ibadah haji namun dokternya tidak mengizinkannya karena khawatir pelayanan kesehatan di sana tidak bisa maksimum, sehingga bisa berakibat fatal. Namun demikian laki-laki ini tetap mendesak dan akhirnya "nekat" berang­kat ke tanah suci dengan penuh kepasrahan. Meskipun mendapatkan perhatian khusus dari rombongan keluarga yang menyertainya.

Sesampainya di Mekah ia langsung ke rumah sakit untuk cuci darah. Setelah itu waktunya lebih banyak di hadapan ka'bah. Di sanalah ia berdoa sesungguh hati sambil sesekali meneguk air Zamzam. Tidak tahu apa yang sedang terjadi, tiba-tiba orang ini diberikan kesegaran dan kekuatan, sehingga tidak mau lagi cuci darah.

Itu terjadi karena keyakinan kuat pada dirinya sudah kuat dan merasa sudah sembuh, tidak pernah lagi menjalani cuci darah sampai sekarang. Sepulangnya dari tanah suci, ia bercerita kepada dokternya di Washington bahwa ia telah menghentikan cuci darah. Dokternya sangat kaget menyaksikan kejadian aneh ini. Ia kemudian sering diajak sebagai saksi dalam seminar-seminar di rumah sakit atau di Fakultas Kedokteran di AS perihal penyakitnya yang betul-betul sembuh.

Tahun 2004 saya ketemu dengan orang ini, juga diper­lihatkan tangan yang selalu ditusuk jarum pengobatan di masa lalu. Saya tanya apa rahasia kesembuhannya, karena selama saya di Washington ia rajin mengikuti pengajian yang diadakan oleh komunitas muslim di sana. Ia menjawab dengan setengah berbisik, saya memohon kesembuhan kepada Allah Swt melalui air Zamzam.

Subhanallah, benar kata Rasulullah, air Zamzam bisa mengobati sejumlah penyakit. Herannya, kenapa dokternya tidak mau melanjutkan cerita pengalaman spiritual pasien­nya di tanah suci. Mungkin karena ini dianggap kasuistik dan masuk wilayah agama (Islam) sehingga cerita ini berhenti hanya sampai di situ. Yang jelas orangnya masih segar bugar dan kembali bekerja seperti tahun-tahun sebe­lum ia sakit.

Banyak lagi cerita lain dari umat Islam dari Afrika, bu­kan rahasia lagi pasangan yang tidak bisa dikaruniai anak, disarankan oleh guru spiritualnya untuk berdoa di depan ka'bah dan biasanya dengan mengambil air Zamzam yang didoakan oleh sang guru spiritual. Konon banyak yang berhasil. Ironisnya cerita seperti ini juga banyak didengar di Turki, Iran, dan di tanah air sendiri.

Mungkin inilah se­babnya, oleh-oleh paling berharga seorang yang baru pulang dari tanah suci ialah air Zamzam, walau hanya seteguk untuk setiap orang karena memang susah membawanya. Namun dihimbau juga kepada orang lain agar berhati-hati membeli air Zamzam di kotanya karena banyak juga air Zamzam. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo