TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dua Warga Tangsel Positif Terinfeksi Cacar Monyet

Dinkes Imbau Jalani PHBS

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 05 September 2024 | 07:00 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Alin Hendalin Mahdaniar.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Alin Hendalin Mahdaniar.

CIPUTAT-Dua warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) positif terjangkit virus monkeypox alias cacar monyet. Keduanya berjenis kelamin laki-laki yang terdeteksi terjangkit dalam kurun waktu 1 Januari hingga 23 Agustus 2024.

 Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KotavTangsel, Allin Hendalin Mahdaniar menjelaskan, awalnya terdapat lima orang yang memiliki gejala seperti terjangkit virus monkeypox, namun setelah dilakukan pemeriksaan hanya dua warga yang dipastikan positif.

 "Sampai tanggal 23 Agustus 2024 ditemukan kasus dengan gejala seperti monkeypox di Kota Tangerang Selatan sebanyak 5 orang, dengan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2 orang,” kata Allin, kemarin.

 Namun Alin memastikan bahwa kedua warga tersebut saat ini dipastikan sudah dalam keadaan sembuh. “Kondisi pasien sudah sembuh,” ungkap Allin.

 Ia menjelaskan, kedua warga yang dinyatakan positif terkonfirmasi virus monkeypox setelah tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan dengan acara PCR.

 Pemeriksaan sendiri dilakukan dengan cara mengambil specimen dari lesi kulit termasuk swab dari permukaan lesi kemudian mengirimkannya ke laboratorium rujukan nasional BKPK Kemenkes.

 Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol Kesehatan.

 "Untuk penanganan pasien monkeypox selain diberikan pengobatan dengan terapi suportif dan simtomatis, pasien akan diisolasi bisa dengan isolasi mandiri maupun di rumah sakit,” ungkapnya.

 Dia memastikan, pasien monkeypox akan sembuh sendiri manakala tidak ada infeksi tambahan atau tidak ada komorbid yang berat yang dapat memperberat kondisi pasien.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo