TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Capres Banteng Diumumin Juni 2023

Sinyal Kuatnya Ke Puan, Ganjar Harap Ikhlas Ya..!

Laporan: AY
Kamis, 13 Oktober 2022 | 11:26 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. (Ist)
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. (Ist)

JAKARTA - Partai PDIP berencana mengumumkan calon presiden (capres)-nya pada Juni 2023. Ada dua nama yang digadang-gadang sebagai Capres Banteng. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Puan Maharani. Namun, yang diberi mandat berkomunikasi politik dengan partai lain hanya Puan.

Bagi Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania hal ini tidaklah adil. Jagoannya seperti dianaktirikan. Kakinya dirantai, tak bebas bergerak.

”Sekarang ini, kaki Ganjar diikat. Sementara Puan Maharani bebas melakukanapa saja bahkan secara tidak langsung menyatakan dirinya sebagai calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan,” kata Ketua Umum GP Mania, Immanuel Ebenezer kepada Rakyat Merdeka, ke­marin.

Pria yang akrab disapa Noel itu menyambut baik rencana PDI Perjuangan mengumumkan Capresnya pada Juni 2023. Dia usul, seluruh kader potensial boleh mengaktualisasikan dirinya sebelum dilakukan pengumuman. Sehingga ada persaingan sehat, dan yang dipilih adalah yang punya elektabilitas tertinggi.

“Ingat, ada coattail ef­fect (efek ekor jas). Kalau pilih kader yang mempunyai elekta­bilitas tertinggi, maka partai juga diuntungkan,” ujarnya.

Noel menduga, mayoritas kader PDI Perjuangan tidak berani bersuara mengenai elektabilitas Puan yang berat dikerek. Selain itu, branding Puan juga kurang berjalan maksimal.

Menurutnya, jika bukan Ganjar yang menjadi Capres PDI Perjuangan, dikhawatirkan akan banyak pemilih muda yang menjadi pemilih mayoritas pada Pemilu 2024 meninggalkan Partai berlogo Banteng Moncong Putih itu.

“PDI Perjuangan adalah jawara Senayan, tiga kali bertu­rut-turut menang. Lihat Partai Gerindra, Prabowo Subianto telah memberi efek ekor jas yang sungguh-sungguh kepada Gerindra. Cobalah adil dan beri kesempatan kader yang bisa membawa partai menang kembali. Yang bisa gaet suara milenial dengan maksimal,” pintanya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, rencana Banteng mengumum­kan capresnya Juni 2023 cukup terukur. Masih ada 4-5 bulan bagi partai dan koalisi, menuju pendaftaran Pemilu 2024.

“Kalau dilihat dari sini, arah­nya memang Puan yang akan diajukan. Prioritas partai ke­pada anak ideologis dan biologis Bung Karno. Apalagi pengumu­mannya pas dengan Bulan Bung Karno. Ini simbol politik yang apik,” kata Ujang kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Group) kemarin.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan, partainya akan mengumumkan Capres pada Juni 2023.

“Kalau kita lihat pengalaman, Pak Jokowi diumumkan 6 Maret 2014 oleh Ibu Mega. Dan pemilunya bulan Juni 2014. Sehingga kalau analoginya begitu, ya kira-kira Juni tahun depan, pas Bulan Bung Karno. Tetapi Ibu Mega meminta semua bersabar,” kata Hasto saat menjadi pembicara di Fisipol UGM Yogyakarta, Senin (10/10).

Adapun soal siapa yang akan diusung, Hasto menegaskan, hanya Megawati yang tahu dan partai belum berfokus pada penentuan nama. Hasto menambahkan, pemerintahan ke depan, selain memiliki legitimasi secara elektoral, hendaknya mendapat legitimasi dari du­kungan di parlemen.

“Itu yang kami persiapkan, merancang gabungan partai politik agar pemerintahan lebih efektif,” kata Hasto. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo