TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Rutin Razia PMKS Jelang Lebaran

Pilar: Yang Bandel, Kami Pulangkan Ke Daerahnya

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 18 April 2023 | 07:14 WIB
Jelang Idul Fitri Pemkot Tangsel akan semakin gencar menertibkan PMKS yang semakin menjamur di Kota Tangsel. (dra)
Jelang Idul Fitri Pemkot Tangsel akan semakin gencar menertibkan PMKS yang semakin menjamur di Kota Tangsel. (dra)

CIPUTAT-Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan meningkatkan razia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di sejumlah wilayah.

Ppara PMKS ini muncul musiman saat Ramadan, dan terlebih lagi pada saat momen jelang Idul Fitri, mereka datang dari sejumlah daerah dengan menjadikan Kota Tangsel sebagai tempat beroperasi.
 Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, dirinya telah meminta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk sering melakukan penertiban PMKS di Kota Tangsel.

"Sudah saya instruksikan kepada Dinsos (Dinas Sosial) dan Satpol PP. Segera tertibkan PMKS yang biasa menjamur menjelang Lebaran tahun ini, agar perayaannya kondusif," ujarnya.
 Pilar menjelaskan, Pemkot akan menindaklanjuti jika PMKS melanggar Perda tentang Ketertiban umum serta memulangkan yang tinggal di luar Tangsel. "Opsi lain adalah menitipkan mereka ke panti sosial," tegasnya.

Selanjutnya, Pemkot Tangsel memiliki rumah singgah untuk menampung para PMKS. Yakni di Gang H Sahidin No 105B, RT 002/RW 03, Bambu Apus, Kecamatan Pamulang. "Atau kami titipkan ke Dinsos Jakarta. Yang ada di Pasar Rebo, Jakarta Timur," jelasnya.
 Selain itu, Pemkot Tangsel membuka kesempatan kepada para PMKS. Seperti anak jalanan, manusia gerobak, manusia silver, hingga anak punk yang ingin mencari pekerjaan. "Nantinya, kami bakal melatih mereka di BLK (Balai Latihan Kerja) untuk kemudian agar mereka siap bekerja," ujar Pilar.

Pilar juga menyayangkan aktivitas PMKS tersebut. Dimana ada yang berupaya memperoleh penghasilan dengan mengeksploitasi kemiskinan. "Jangan mengeksploitasi kemiskinan. Eksploitasi anak-anak terlebih lagi, kami akan lakukan penertiban," pungkasnya. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo