TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Disandera 1.5 Tahun, Pilot Susi Air Philip Mehrtens Akhirnya Bebas

Laporan: AY
Sabtu, 21 September 2024 | 11:53 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PAPUA - Setelah sekitar 1,5 tahun disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua, pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens hari ini berhasil dibebaskan dan dijemput Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan, Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput tim gabungan, di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," ujar Bayu dalam rilis yang diterima wartawan, Sabtu (21/9/2024).

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis. Sekaligus, untuk memastikan kondisi psikologisnya dalam keadaan stabil.

Dalam foto yang dibagikan Satgas Damai Cartenz 2024, rambut Philips tampak gondrong, wajahnya berewokan.

Dia mengenakan kaos oblong warna hijau, dengan semacam syal kecil merah, dan kalung yang mirip tasbih, serta celana pendek.

Philips didampingi seorang polisi, yang memegang handphone. Wajahnya menatap ke layar ponsel tersebut, seperti tengah melakukan video call.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani menambahkan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya,” ujarnya.

Menurutnya, pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

“Baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" tandas Faizal.

Setelah kegiatan mitigasi, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Sekadar latar, Philip Mehrtens disandera usai mendaratkan pesawat jenis pilatus porter di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga pada 7, Februari 2023 oleh milisI KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo