TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tiga Jagoan KIM Dapat Nomor Prabowo Di Pilpres

Laporan: AY
Selasa, 24 September 2024 | 09:06 WIB
Pengundian no urut di KPU Jakarta. Foto : Ist
Pengundian no urut di KPU Jakarta. Foto : Ist

JAKARTA - Proses pengundian nomor urut bagi Cagub-Cawagub yang akan berkontestasi di Pilkada 2024 telah selesai. Jagoan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, mendapat nomor yang sama dengan Prabowo-Gibran di Pilpres lalu, yakni nomor 2. Sedangkan di Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono dapat nomor urut 1.

Di Pilkada 2024 ini, KIM yang merupakan pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres lalu, kembali bersatu untuk mengusung calon yang sama di beberapa provinsi. Di Jakarta, KIM mengusung RK-Suswono. Di Banten, KIM minus Golkar mengusung Andra Soni-Dimiyati Natakusumah. Di Jateng, KIM mengusung Ahmad Luthfi-Taj Yasin. Lalu di Jatim, KIM mengusung Khofifah-Emil.

Dari 4 jagoan yang diusung KIM itu, hanya RK-Suswono yang tidak mendapatkan nomor urut sesuai dengan nomor Prabowo. RK-Suswono yang diusung 15 parpol ini mendapat nomor urut 1. Sementara Andra-Dimiyati, Luthfi-Yasin, dan Khofifah-Emil sama-sama mendapatkan nomor urut 2.

Pengundian nomor urut untuk Pilgub Jatim digelar di Ballroom Hotel Mercure Darmo, Surabaya, Senin (23/9/2024). Tiga Paslon; Khofifah-Emil, Risma-Gus Hans, dan Luluk-Lukman sama-sama hadir di lokasi didampingi para parpol pendukungnya.

Sesuai antrean, pasangan Khofifah-Emil berkesempatan mengambil tabung lebih dulu, disusul pasangan Risma-Gus Hans, dan yang terakhir adalah Luluk-Lukman. Saat tabung dibuka, Luluk-Lukman mendapat pasangan nomor urut 1, Khofifah-Emil dapat nomor urut 2, dan Risma-Gus Hans memperoleh nomor urut 3.

Di Banten, pengundian dilakukan di kantor KPUD Banten Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Kota Serang. Pengundian dihadiri seluruh komisioner KPU dan Bawaslu termasuk Penjabat Gubernur Banten.

Hasilnya, pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah juga mendapatkan nomor yang sama seperti Prabowo. Sementara penantang, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang diusung PDIP-Golkar meraih nomor urut 1.

Di Jateng, pengundian nomor urut dilakukan di teras KPU Jateng di Jalan Veteran, Semarang. Hasilnya, pasangan Andika Perkasa-Hendar Prihardi yang diusung PDIP mendapat nomor urut 1. Sedangkan Luthfi-Yasin yang diusung KIM mendapat nomor urut 2.

Bagaimana dengan Jakarta? Pengundian nomor urut digelar di Kantor KPU Jakarta, di Jl. MH Thamrin. Ketiga Paslon hadir di lokasi didampingi dengan perwakilan dari parpol pendukungnya. Proses pengundian dipimpin langsung Ketua KPU Jakarta, Wahyu Dinata.

Pengundian diawali oleh masing-masing Cawagub mengambil nomor antrean dalam sebuah fishball. Rano Karno mendapatkan kesempatan pertama untuk mengambil nomor urut. Disusul oleh Suswono selaku Cawagub yang mendampingi Ridwan Kamil, kemudian Kun Wardana yang mengambil nomor urut.

Setelahnya, masing-masing Cawagub membuka secara bersama-sama nomor urut yang diambil melalui kertas dari dalam fishball. Dari kertas tersebut, keluar angka nomor urut yang selanjutnya digunakan untuk kampanye.

Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 1. Sedangkan pasangan dari jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana dapat nomor urut 2. Terakhir, pasangan Pramono-Rano Karno mendapat nomor urut 3.

Sementara itu, RK mengaku bersyukur mendapat nomor urut 1 di Pilkada Jakarta. Kata dia, nomor 1 itu sebagai harapan dan doa bahwa dirinya bersama Suswono akan mendang di Pilgub Jakarta dalam 1 putaran.

Nah sekarang nomor satu, slogannya lebih mantap. Menang, menang, menang, satu putaran. Logonya monas, monas juga kan angkanya satu. Alhamdulillahirabbil alamin,” kata eks Gubernur Jawa Barat ini.

Sementara Pramono mengaku tidak kaget mendapat nomor urut 3. Kata dia, saat di perjalanan menuju kantor KPU Jakarta, dirinya dan Rano Karno sudah memprediksi bakal dapat nomor urut 3.

“Saya bareng bang Doel, dapat nomor tiga dan nomor tiga ini membuat spirit. Bang Doel bilang di jalan ‘mas nomor kita adalah nomor tiga, sumpah demi Allah’,” ungkap Pramono.

Sedangkan Dharma Pongrekun senang betul mendapat nomor urut 2. Kata dia, nomor urut 2 dilambangkan dengan dua jari yang membentuk huruf V.

“Puji syukur, dua melambangkan victory,” kata Dharma.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo